Senin, 01 Januari 2018

"Kota Santri" Ponpes Darul Ulum

 Kota santri merupakan tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai daerah yang menjual aneka macam makanan dan kebutuhan sehari-hari para santri. Kota santri bukanlah kota besar, melainkan sebuah tempat dimana ada sebuah pendopo yang dikelilingi oleh banyaknya pedagang kaki lima dan toko-toko yang berderet disepanjang jalan. Kota santri berada didalam area, tepatnya ditengah-tengah Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Pedagang kaki lima mulai menjajakan dagangannya dari pagi hingga sore hari,  terkecuali yang memiliki toko didalam area tersebut, mereka membuka toko dari pagi hingga malam hari.

Foto Ibu Mahmulah, pemilik Toko dan Warnet ELMA

      Dari salah satu pedagang di kota santri, yang biasa akrab disapa Ibu Mahmulah, 45tahun berasal dari daerah Janti Jogoroto Jombang, sudah berjualan di area tersebut selama 9 tahun. Beliau berjualan dari tahun 2008 hingga saat ini. Disitu, beliau memiliki toko dan dan warung internet (warnet) yang beliau beri nama Toko dan Warnet ELMA. Letak toko dan warnet tersebut berada didepan asrama 2 Al Khodijah. 
  Menurut beliau, kota santri letaknya sangat strategis karena berada ditengah-tengah pondok yang dikelilingi oleh banyaknya asrama dan suasananya ramai sekali ketika para santri  datang dari berbagai penjuru asrama untuk membeli dagangan dan online di warnet. Keadaan kota santri yang dulu dengan yang sekarang sangat berbeda. Dahulu, saat warnet dan toko buka dari jam 10.00 wib hingga 23.00 wib, sangatlah ramai yang berdatangan. Namun,  saat ini Toko dan warnetnya terkadang ramai,  terkadang juga sepi. Dikarenakan sudah banyaknya pedagang yang berjualan dan membuka warnet disekitar area tersebut. "walaupun disini ramai, tapi bukan berarti toko dan warnet saya selalu ramai. Karena, saat ini adanya persaingan dagang yang semakin ketat", ujarnya. (Bibil/FBS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My First Assignment of Journalism Lesson

OSCAR (Orientasi Studi Cinta Almamater) 2017 di Kampus Cinta             Jombang – Kegiatan Orientasi Studi Cinta Almamater (OSCAR) Uni...